Powered by Blogger.

Sponsor Kami

There was an error in this gadget

Featured Video

Berbagi Indah Pada Waktunya Dengan Dunia ILMU

Total de visualizações

Followers

Saturday, 9 June 2012

Ginjal Internal

ALT/TEXT GAMBAR
Dari dalam keluar , anatomi internal ginjal adalah renal pelvis, medulla dan korteks.
a)    Renal pelvis
Merupakan ruang penampung yang besar yang menghubungkan medulla dengan ureter.renal pelvis memiliki percabangan yaitu kaliks mayor dan kaliks minor.Asing-masing ginjal memiliki sekitar 2-3 kaliks mayor dan 8-18 kaliks minor.
b)    Medulla renalis
Merupakan bagian tengah ginjal, terdiri dari 8-18 piramida. Bagian apeks dari pyramida adalah papilla.Piramida terdiri dari tubulus dan duktus kolektifus dari nefron. Tubulus pada piramida bereran dalam reabsorpsi zat-zat yang terfiltrasi.Urine berjalan dari medulla ke kaliks minor, kaliks mayor dan renal pelvis. Dari renal pelvis urin ke ureter dan masuk kandung kencing.
c)    Cortex renalis
Bagian paling luar dari ginjal terdiri dari area kortikal dan area juxtamedullari. Mempunyai kapiler-kapiler menembus medulla melalui pyramid membentuk renal kolom. Kolum terdiri dari tubulus ginjal yang mengalirkan urin ke kaliks minor.
d)    Nefron
        Nefron adalah unit kerja fungsional ginjal. Dalam setiap ginjal terdapat sekitar satu juta nefron yang pada dasarnya mempunyai stuktur dan fungsi sama. Dengan demikian , kerja ginjal dapat dianggap sebagai jumlah total dari fungsi semua nefron . Setiap nefron terdiri dari kapsul bowman , yang mengitari rumbai kapiler glomerulus, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle dan tubulus kontortus distal, yang mengosongkan diri ke duktus pengumpul (Brunner & Suddarth, 2002).

0 comments

Post a Comment

ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR