ALT/TEXT GAMBAR
Powered by Blogger.

Sponsor Kami

Featured Video

Berbagi Indah Pada Waktunya Dengan Dunia ILMU

Total de visualizações

Followers

Sunday 3 June 2012

Konsep Dasar Penyakit Laparatomi Eksplorasi

ALT/TEXT GAMBAR
a.    Definisi Laparatomi Eksplorasi
Bedah laparatomi merupakan tindakan operasi pada daerah abdomen, bedah laparatomi merupakan teknik sayatan yang dilakukan pada daerah abdomen yang dapat dilakukan pada bedah digestif dan kandungan. (http://medicastore.laparatomi.co.id) di akses 27 april 2010.
Adapun tindakan bedah digestif yang sering dilakukan dengan teknik sayatan arah laparatomi yaitu: Herniotorni, gasterektomi, kolesistoduodenostomi, hepateroktomi, splenorafi/splenotomi, apendektomi, kolostomi, hemoroidektomi dan fistulotomi atau fistulektomi. Tindakan bedah kandungan yang sering dilakukan dengan teknik sayatan arah laparatomi adalah berbagai jenis operasi uterus, operasi pada tuba fallopi dan operasi ovarium (Prawirohardjo), yaitu: histerektomi baik itu histerektomi total, histerektomi sub total, histerektomi radikal, eksenterasi pelvic dan salingo-coforektomi bilateral. Selain tindakan bedah dengan teknik sayatan laparatomi pada bedah digestif dan kandungan, teknik ini juga sering dilakukan pada pembedahan organ lain, menurut Spencer (1994) antara lain ginjal dan kandung kemih. Ada 4 (empat) cara, yaitu:
1.    Midline incision
2.    Paramedian, yaitu : panjang (12,5 cm) ± sedikit ke tepi dari garis tengah
3.    Transverse upper abdomen incision, yaitu : sisi di bagian atas, misalnya pembedahan colesistotomy dan splenektomi
4.    Transverse lower abdomen incision, yaitu : 4 cm di atas anterior spinal iliaka, ± insisi melintang di bagian bawah misalnya : pada operasi appendictomy.
b.    Etiologi
1.    Indikasi laparatomi
Laparatomi adalah pembedahan perut sampai pembedahan selaput perut.
a)    Trauma abdomen (tumpul atau tajam) / Ruptur hepar
b)    Perdarahan saluran pencernaan (Internal Blooding)
c)    Sumbatan pada usus halus dan usus besar
d)    Masa pada abdomen (Sjamsuhidajat R, Jong WD, 1997).
2.    Komplikasi
a)    Ventilasi paru tidak adekuat
b)    Gangguan kardiovaskuler: hipertensi, aritmia jantung
c)    Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit
d)    Gangguan rasa nyaman
3.    Post Laparatomi
Perawatan post laparatomi adalah bentuk pelayanan perawatan yang diberikan kepada pasien-pasien yang telah menjalani operasi pembedahan perut.
4.    Tujuan Perawatan Post Laparatomi
a)    Mengurangi komplikasi akibat pembedahan
b)    Mempercepat penyembuhan
c)    Mengembalikan fungsi pasien semaksimal mungkin seperti sebelum operasi
d)    Mempertahankan konsep diri pasien
e)    Mempersiapkan pasien pulang
c.    Komplikasi Post Laparatomi
1.    Tromboplebitis
Tromboplebitis post opersi biasanya timbul 7-14 hari setelah operasi. Bahaya besar tromboplebitis timbul bila darah tersebut lepas dari dinding pembuluh darah vena dan ikut aliran darah sebagai emboli ke paru-paru, hati dan otak. Pencegahan tromboplebitis yaitu latihan kaki post operasi, ambulatif dini dan kaos kaki TED yang dipakai klien sebelum mencoba ambulatif.
2.    Infeksi
Infeksi luka sering muncul pada 36-46 jam setelah operasi. Organisme yang paling sering menimbulkan infeksi adalah stapilokokus aureus, organisme ;gram positif. Stapilokokus mengakibatkan pernanahan. Untuk menghindari infeksi luka yang paling penting adalah perawatan luka dengan mempertahankan aseptik dan antiseptic.
a)    Dehisensi Luka atau Eviserasi
Dehisensi luka merupakan terbukanya tepi-tepi luka. Eviserasi luka adalah keluarnya organ-organ dalam melalui insisi. Faktor penyebab dehisensi atau eviserasi adalah infeksi luka, kesalahan menutup waktu pembedahan, ketegangan yang berat pada dinding abdomen sebagai akibat dari batuk dan muntah.
d.    Proses Penyembuhan Luka
1.    Fase pertama (Inflamasi)
Berlangsung sampai hari ke 3. Batang lekosit banyak yang rusak/rapuh. Sel-sel darah baru berkembang menjadi penyembuh dimana serabut-serabut bening digunakan sebagai kerangka.
2.    Fase kedua (Proliferatif)
Dari hari ke 3 sampai hari ke 14. Pengisian oleh kolagen, seluruh pinggiran sel epitel timbul sempurna dalam 1 minggu. Jaringan baru tumbuh dengan kuat dan kemerahan.
3.    Fase ketiga (Maturasi)
Sekitar 2 sampai 10 minggu kolagen terus menerus ditimbun, timbul jaringan-jaringan baru dan otot dapat digunakan kembali.
4.    Fase keempat (fase terakhir)
Pada fase penyembuhan akan menyusut dan mengkerut.
e.    Intervensi untuk Meningkatkan Penyembuhan
1.    Meningkatkan intake makanan tinggi kalori dan tinggi protein ( TKTP)
2.    Menghindari obat-obat anti radang seperti steroid
3.    Pencegahan infeksi
f.    Pengembalian Fungsi Fisik
Pengembalian fungsi fisik dilakukan segera setelah operasi dengan latihan nafas dan batuk efektif, latihan mobilisasi dini. Latiahn-latihan fisik diantaranya latihan nafas dalam, latihan batuk, menggerakan otot-otot kaki, menggerakan otot-otot bokong. Latihan alih baring dan turun dari tempat tidur, semuanya dilakukan hari ke 2 post opersi.

0 comments

Post a Comment

ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR