Powered by Blogger.

Sponsor Kami

There was an error in this gadget

Featured Video

Berbagi Indah Pada Waktunya Dengan Dunia ILMU

Total de visualizações

Followers

Friday, 13 July 2012

PERUBAHAN SIKAP DAN PERILAKU KESEHATAN IBU HAMIL

ALT/TEXT GAMBAR

Perubahan-perubahan umum dalam kehamilan
1)      Perubahan-perubahan dalam pola makan dan tidur
a.       Gangguan perut (mual-mual) dan ketidaksukaan terhadap makanan tertentu.
Banyak wanita mengalami mual-mual pada bulan-bulan awal kehamilan. Kadang-kadang ini disebut penyakit di pagi hari. Tak satu pun yang tahu pasti apa yang menyebabkan rasa mual ini.namun bagi banyak wanita cara mereka makan itulah yang mempengaruhinya. Jika rasa mualnya ringan saja coba sarankan kepada wanita untuk mencoba salah satu cara pengobatan ini :
·         Menyantap makanan yang memiliki kandungan protein sebelum tidur atau ketika akan terbangun dimalam hari
·         Makan sedikit roti kering, craker, keripik atau cemilan ringan lainnya saat dia pertama kali bangun dipagi hari
·         Seringlah makan, mungkin 2 atau 3 kali lipat dari biasanya dan minum sedikit cairan sesering mungkin
·         Minum 50 mg vitamin B6, 2 kali sehari jangan lebih
·         Lakukan akrupessur untuk menghilangkan rasa mual. Temukan titik 3 jari diatas telapak tangan diantara 2 tendon dibagian dalam lengan wanita. Tekan titik ini, gerakan jari anda dalam lingkaran-lingkaran kecil. Jika akrupesur manjur, wanita itu akan mulai merasakan sembuh dalam 5 menit.
·         Minumlah secangkir teh ahe, teh mentol, atau kayu manis 2-3kali shari sebelum makan. Untuk membuat teh mentol atau kayu manis taruh sesendok teh daun mint atau sebatang kayu manis didalam cangkir yang berisi air mendidih. Biarkan tehnya tercampur beberapa menit sebelum diminum. Untuk membuat teh jahe, rebus akar jahe yag sudah dipukul atau diiris didalam air minimal selama 15 menit.
b.      Ngidam makanan tertentu
Ngidam berarti hasrat yang kuat untuk makan makanan tertentu atau bahkan bukan bereentuk makanan sama sekali seperti kepala botak, kapur, debu atau tanah liat.
Jika seorang wanita ngidam makanan yang bergizi (seperti buncis, telur, buah atau sayuran) maka tidak apa-apa jika dia makan sebanyak yang dia inginkn. Namun jika dia ingin makan banyak makanan pemanis (seperti permen, soda atau snack), maka dia harus cukup makan makanan yang bergizi lebih dahulu.
Wanita yang mengidam bukan makanan, seperti kepala botak atau kapur mestinya tidak boleh memakannya. Benda-benda ini bisa meracuninya dan bayinya. Benda-benda ini juga akan memberinya banyak parasit seperti cacing yang dapat membuatnya sakit. Dukunglah dia untuk menyantap makanan yang kaya akan zat besi dan kalsium. 
c.       Rasa terbakar atau sakit diperut atau diantara payudara (detak jantung seperti terbakar)
Perasaan terbakar atau rasa sakit didalam perut atau dimana payudara sering disebut kesulitan mencerna atau dada yang rasanya seperti terbakar. Kondisi ini disebabkan janinyang bertumbuh memenuhi rongga perut ibu dan mendorongnya naik lebih tinggi. Asam lambung ibu unutk mencerna makanan jadi terdorong ke dadanya, menimbulkan perasaan terbakar. Hal ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.
Berikut ini beberapa hal yang dapat diupayakan seorang wanita untuk merasa nyaman dengan perut dan jantungnya :
·         Pertahankan perutnya tetap terisi dengan makanan kudapan lebih ering dan dengan menyantap makanan serta minum cairan secara terpisah.
·         Hindari menyantap makanan pedas atau panas meminum kopi atau merokok semuanya daat melukai lambung.
·         Secara teratur santaplah pepaya atau nanas karena enzimnya dapat membantu lambung mencerna makanan.
·         Ketika berbaring atau tiduran, uasahan posisi kepalanya lebih tinggi dari pada perutnya. Ini akan membuat asam lambungnya tetap berada didalam lambungnya dan tidak mengalir kedada.
·         Redakan tingginya kadar asam lambung dengan minum susu atau antaid kadar rendah yang tidak mengandung aspirin. (antasid tidak berbahaya tapi mahal dan membuat perut susah
·         mengguanakan nutrisi dari makanan.kalu bisa coba dulu metode lain sebelum anda menggunakan antasid).  
d.      Selalu mengantuk
Beberapa wanita hamil selalu merasa mengantuk sepanjang hari. Ini hal yang paling umum terjadi selama 3 bulan pertama.
Sangat normal bagi wanita hamil untuk merasa mengantuk. Tubuh mereka memang mengisyaratkan agar mereka menurunkan aktivitas dan lebih banyak beristirahat. Namun jika dititik ini seorang wanita sampai merasa lemah , mungkin dia punya masalah lain seperti sakit, depresi atau anemia.
e.       Sulit tidur
Jika seorang wanita tidak bisa tidur karena merasa tidak nyaman atau gelisah, akan banyak membantu jika :
·         Dia berbarng menyamping dengan menaruh sesuatu yang nyaman diantara kedua lututnya dan punggung bagian bawahnya. Dia bisa menggunakan sebuah bantal, gulungan pakaian, daun-daun pisang atau alas lainnya.
·         Seseorang memberinya sebuah pijatan
·         Dia meminum teh-teh herbal yang dapat membantunya tidur.
Pertengkaran, kekhawatiran dan ketidakbahagiaan dalam rumah tangga atau keluarga juga dapat membuat wanita hami sulit tidur. Kalu bisa, keluarga harus menghindari apapun yang meicu perdebatan sebelum berangkat tidur.
2)      Perubahan-perubahan tubuh dan rasa tidak nyaman
a.       Pembesaran buah dada
Dada wanita hamil akan jadi lebih besar selama kehamilan karena dipersiapkan untuk bisa memberikan ASI bagi bayinya jika lahir mati. Kadang-kadang buah dada itu terasa tidak nyaman atau sakit.
Selama bulan-bulan terakhir kehamilan, cairan kuning aeperti air mungkin akan keluar dari puting susunya. Ini normal, cairan itu adalah kolostrum atau susu pertama bagi bayi.
b.      Pembesaran kaki
Pemebengkakan kaki sangat umum terjadi, khususnya pada sore hari atau dalam cuaca panas. Pembesaran kaki ini biasanya tidak berbahaya, namun pembesaran yang keterlaluan
saat ibu terbangun di pagi hari, atau pembesaran tangan dan wajah setiap saat, bisa menjadi tanda-tanda preeklampsia.
Pembesaran aki ini bisa disembuhkan jika wanita hamil meletakan kakinya sejajar pantat selama beberapa menit minimal 2 atau 3kali sehari, mengkonsumsi makanan kemasan lebih sedikit yang banyak sekali mengandung gram-graman, dan minum lebih banyak air atau jus buah. 
c.       Pemebesaran pembuluh darah (varicoseveins)
Pembengkakan pembuluh vena biru yang nampak di kaki atau lat kelamin wanita hamil disebut varicose veins. Kadang-kadang pembuluh vena ini terasa sakit. Jika pembengkakan pembuluh vena terdapat dikaki, akan lebih baik jika ibu sering meletakan kaki sejajar dengan pantat. Stoking yang ketat atau perban elastik bisa juga membantu meredakan pembengkakan ini. Jika pembengkakan pembuluh vena terjadi disekitar alat kelain, hal ini dapat menyebabkan masalah perdarahan ketika keluar saat melahirkan. Meletakan daun kubis dingin di alat kelamin dapat membantu meredakan pembengkakan ini. 
d.      Konstipasi
Beberapa wanita hamil mengalami kesulitan buang air besar. Kondisi ini disebut konstipasi. Untuk mencegah atau merawat konstipasi, seorang wanita mestinya :
·         Makan sayuran dan buahan lebih banyak.
·         Makan segala padi-padian (dari beras merah, beras putih, gandum putih)
·         Minum sedikitnya 8 gelas air matang sehari.
·         Berjalan, bergerak dan berlatih setiap hari. Jamu-jamuan yang dapat melunakan fese akan membuatnya licin.
e.       Hemoroid
Adalah pembengkakan pembuluh vena disekitar anus. Rasanya bisa terbakar, sakit atau perih. Kadang-kadang mengeluarkan darah pada saat buang air besar, khusunya jika dia juga mengalami konstipasi. Terlalu banyak duduk atau berdiri dapat membuat hemoroid semakin parah. Namun duduk didalam bak berisi air dingin atau berbaring dapat menguranginya. Beberapa wanita mengaku kalau memasukkan bawang putih yang direndam dalam minyak sayur kedalam anus
f.       Selalu merasa ingin kencing
Kebutuhan untuk selalu buang air kecil sering kali normal saja bagi wanita hamil, khususnya dibulan pertama dan terakhir masa kehamilan. Ini terjadi karena rahim yang bertumbuh menekan kuat kandung kemih. Karena kita sering dengar beberapa bidan berkelar : ” seorang pria yang mungkin tidak tahu istrinya hamil harus menunggu didekat tempat dia pipis. Meskipun pipisnya belum datang , tapi sebentar lagi datang.” 
g.      Lelehan (vagina selalu basah)
Leleha adalah cairan basah yang keluar dari vagina wanita. Tubuh wanita menggunakan lelehan ini untuk membersihkan dirinya dari dalam keluar. Bagi banyak wanita, lelehan, khusunya mendekati akhir kehamilan. Lelehan ini bisa berwarna jernih atau kekuning-kuningan. Hal ini seperti normal.
Perubahan tanda lelehan ini bisa menjadi tanda bagi infeksi kalu warna nya abu-abu, hijau, keerahan, atau mengeluarkan bau tidak enak, atau jika vagina tersa perih dan terbakar.
h.      Kesulitan untuk bangun dan berbaring
Lebih baik jika wanita hamil tidak berbaring terlentang dengan punggung dan kaki lurus, karena akan menekan pembuluh darah utama yang membawa makanan dan oksigen kepada janin. Jika ibu ingin tidur terlentang, lebih baik dia meletakan sesuatu dibagian atas punggung sampai kepalanya sehingga dia tidak berbaring datar. Selain itu wanita hamil hendaknya hati-hati ketika hendak bangun dari tempat tidur. 
i.        Tarikan nafas pendek
Kebanyakan wanita hamil mengalami tarikan nafasnya jadi pendek (tidak sepanjang dan sedalam biasanya). Ini terjadi karena bayi yang tumbuh membesar memenuhi paru-paru ibunya kurang memiliki ruangan untuk bernapas. Yakinkan kalau dia kalau ini hal yang normal. Namun jika wanita juga merasa lelah dan kelelahan, atau dia selalu mengalami sesak napas sepanjang waktu kehamilan, dia harus periksa atas tanda-tnda penyakit tertentu, masalah jantung, anemia, atau kurang gizi. Berikan saran medis jka anda menyimpulkan wanita yang anda layani memiliki salah satu dari masalah-masalah ini.
j.        Selalu merasa gerah atau banyak keringat
Merasa gerah sangat umum dan selama tidak ada tanda-tanda berbahaya (seperti tanda-tanda infeksi kandung kemih), wanita hamil tidak usah khawatir. Dia bisa mengenakan pakaian yang tidak berlengan, sering mandi, dan banyak minum air putih atau cairan lainnya.
k.      Topeng kehamilan
Sebutan bagi wilayah-wiluah berwarna gelap yang terlihat diwajah, payudara dan perut wanita hamil. Topeng ini tidak berbahaya. Biasanya warna gelap ini akan hilang setelah melahirkan. Wanita hail dapat menghindari wilayah-wlayah waahnya menjadi semakin gelap dengan mengenakan topi saat dia berjalan dibawah sinar matahari.
l.        Bintik-bintik abu-abu di kulit
Bintik abu-abu berasal dari sekelompok kwcil pembuluh vena dibawah kulit. Kadang-kadang bintik muncul ketika pembuluh darah membengkak. Mereka tidak berbahaya dan biasanya hilang setelah melahirkan.
m.    Rasa nyeri dan sakit dipersendian
Tubuh wanita jadi semakin lunak dan longgar agar jainnya bisa bertambah besar dan agar dia bisa melahirkan. Kadang-kadang prsendiannya longgar dan tidak nyaman, khususnya lutu. Namun ini tidak berbahaya karena dia sekarang malah bisa menekuk dngan lemas sikut atatu sendi-sendinya.
n.      Rasa sakit tiba-tiba disisi perut bagian bawah
Kandngan dipertahankan ditempatnya oleh ligamen-ligamen ditiap sisinya. Ligamen ini seperti tali yang melekatkan kandungan ketulang ibu. Gerakan yang tiba-tiba kadang-kadang menyebabkan rasa sakit yang besar pada ligamen-ligamen ini. Akan banyak membantu jika kita menekan-nekan perut dengan lembut, atau meletakan pakaian hangat diatasnya.
o.      Kram diawal kehamilan
Adalah normal mengalami kram-kram ringan (seperti kram menstruasi bulanan) saat kehamilan menginjak usia 3 bulan. Kram ini terjadi karena rahim sedang berkembang.

p.      Tendangan janin yang menyakiti ibu
Kebanyakan gerakan bayi tersa menyenangkan. Namun terkadang bayi menendang terlalu keras atau selalu ditempat yang sama. Gerakan ini mebuat ibu merasa tidak nyaman atau nyeri, namun tidak berbahaya.
q.      Rasa sakit dipunggung
Berat rahim dan air ketuban membebani tulang dan otot wanita. Terlalu banyak berdiri atau mengangkat beban berat dapat menyebabkan sakit punggung. Sarankan suami atau anggota keluarga lainnya untuk memijit-mijit punggungnya, pakaian hangat atau botol air panas yang diletakan dipunggung juga dapat meredakan rasa sakit ini atau juga dengan gerakan latihan-latihan dalam senam hamil. 
r.        Kram pada kaki
Kram ini biasanya menjelang waktu malam hari atau ketika wanita meregangkan da menekan jari-jarinya. Untuk menghentikan kram angkatlah jari kaki keatas dan kemudian hentaan dengan lembut agar otot-ototnya mengendur jangan menghentakan dengan keras.
s.       Sakit kepala
Kejadian umu pada kehamilan namun tidak berbahaya asalakan tiak berlebihan. Sakit kepala bisa berehenti dngan ibu beristirahat da bersantai lebih banyak, minum lebih banyak jus atau ai putih atau memijit-mijit kepalanya dengan lembut.
t.        Rasa sakit lainnya
·         Persendian yang memerah dan membengkak
·         Rasa sakit yang tak tertahankan
·         Tanda-tanda anemia dngan rasa sakkit di persendian
3)      Perubahan perasaan emosi
a.       Perubahan-perubahan yang tiba-tiba dalam perasaan
Kehamilan dapat membuat wanita begitu emosional. Beberapa wanita tertawa atau menangis tanpa alasan yang jelas. Beberapa lagi mungkin merasa depresi, mudah marah atau terluka. Tertawa sendiri, tiba-tiba menangis, dan perubahan suasana hati yang mendadak lainnya adalah hal yang normal. Namun jangan diabaikan karena perasaan wanita hanya karena dia hamil. Perasaannya itu riil tidak dibuat-buat.
b.      reaksi cemas
adalah gangguan yang ditandai dengan rasa cemas dan ketakutan yang berlebihan, terutama sekali terhadap hal-hal masih tergolong wajar.
c.       reaksi panik
adalah ditandai dengan rasa takut dan gelisah yang hebat, terjadi dalam periode yang relatif singkat dan tanpa sebab-sebab yang jelas.
d.      Mimpi yang aneh-aneh dan mimpi buruk
Wanita hamil isa mengalami mimpi yang kuat dan sangat jelas. Isinya bisa indah, aneh atau menakutkan. Wanbita yang mengalami mimpi-mimpi menakutkan biasanya memerlukan seseorang untuk diajak bicara mengenai harapan-harapan, ketakutan-ketakutandan perasan-perasaan mereka.
e.       Sering lupa
Beberapa wanoita melupakan hal-hal tertentu ketika hamil. Bagi sebagian wanita ini bukan masalah besar. Namun beberapa wanita khawatir jika kondisi ini tidak normal. Taksatu pun tahu kenapa wanita menjadi lebih mudah lupa saat mereka hamil, namun kondisi ini umum ini terjadi dimana-mana.
f.       Perasaan-perasaan tentang seks
Beberapa wanita tidak ingin banyak melakukan hunbungan seksual ketika sedang hamil. Sementara yang lain malah kebalikannya. Terkadang ses tidak tersa nyaman saat dilakukan pada msa hamil. Wanita dan pasangannya dapat mencob beberapa posisi berbeda untuk bercinta. Paling baik jika posisi wanita diatas, ata duduk atau berdiri, atau berbaring disalah satu sisinya.
g.      reaksi obsesif-komplusif
adalah gambaran spesifik dari gangguan ini selalu timbulnya perasaan, rangsangan ataupun pikiran untuk melakukan sesuatu, tanpa obyek yang jelas, diikuti dengan perbuatan yang dilakukan secara berulang kali.
h.      depresi berat
depresi pada wanita hamil ditandai oleh perasaan sedih tidak bergairah, menyendiri, penurunan berat badan, insomia, kelemahan, rasa tidak dihargai, dan pada kasus yang berat, ada keinginan untuik melalukan bunuh diri.
i.        reaksi mania
rasa gembira yang berlebihan (eforia) mudah terangsang, hiperaktif, banyak bicara (logore), mengganggu dan rasa percaya diri yang berlebihan.
j.        skizofrenia
ditandai dengan gangguan proses berfikir, persepsi dan realita.
k.      rasa kehilangan 
l.        cenderung malas
Para suami perlu memahami bahwa kemalasan ini bukan timbul begitu saja, melainkan pengaruh perubahan hormonal yang sedang dialami istrinya. “Jadi tidak ada salahnya bila suami menggantikan peran istri untuk beberapa waktu. Misalnya dengan menggantikannya membereskan tempat tidur, membuat kopi sendiri.
m.    lebih sensitif
Biasanya, wanita yang hamil juga berubah jadi lebih sensitif. Sedikit-sedikittersinggung lalu marah. apa pun perilaku ibu hamil yang dianggap kurang menyenangngkan, hadapi saja dengan santai. Ingatlah bahwa dampak perubahan psikis ini nantinya bakal hilang. Bukan apa-apa, bila suami membalas kembali dengan kemarahan, bisa-bisa istri semakin tertekan sehingga mempengaruhi pertumbuhan janinnya.
n.      minta perhatian lebih
lain yang kerap “mengganggu” adalah istri tiba-tiba lebih manja dan selaluingin diperhatikan. Meskipun baru pulang kerja dan sangat letih, usahakan untuk menanyakan keadaannya saat itu. Perhatian yang diberikan suami, walau sedikit, bisa memicu tumbuhnya rasa aman yang baik untuk pertumbuhan janin. Demikian pula ketika istri merasakan pegal-pegal dan linu pada tubuhnya. Istri sering meminta suami untuk mengusap tubuhnya. Sebaiknya lakukan sambil memberikan perhatian dengan mengatakan bahwa hal ini memang sering dialami wanita yang sedang hamil dan diperlukan kesabaran untuk menghadapinya.
o.      gampang cemburu
Tak jarang, sifat cemburu istri terhadap suami pun muncul tanpa alasan. Pulang telat sedikit saja, istri akan menanyakan hal macam-macam. Mungkin, selain perubahan hormonal, istri pun mulai tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya. Ia takut bila suaminya pergi dengan wanita lain. Untuk menenangkannya, suami perlu menjelaskan dengan bijaksana bahwa keterlambatannya dikarenakan hal-hal yang memang sangat penting dan bukan karena perselingkuhan. Bila perlu,ceritakan dengan terperinci aktivitas.
p.      akibat hormon progesteron
Perubahan perilaku pada ibu hamil merupakan hal wajar karena produksi hormon progesteronnya sedang tinggi. Hal inilah yang mempengaruhi banyak hal, termasuk psikis ibu. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil sebenarnya sama persis dengan perubahan hormon pada wanita yang sedang mengalami siklus haid, perubahan hormon yang terjadi tidak selamanya akan mempengaruhi psikis ibu hamil. Ada juga yang perilakunya tidak berubah. Hal ini, disebabkan kerentanan psikis setiap orang yang berbeda-beda. Nah, daya tahan psikis dipengaruhi oleh kepribadian, pola asuh sewaktu kecil, atau kemauan ibu untuk belajar menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Biasanya ibu yang menerima atau bahkan sangat mengharapkan kehamilan akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan. Secara fisik dan psikis, mereka lebih siap. Berbeda dari ibu yang tidak siap, umpamanya karena kehamilannya tidak diinginkan, umumnya merasakan hal-hal yang lebih berat. Begitu pula dengan ibu yang sangat memperhatikan estetika tubuh. Dia akan merasa terganggu dengan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Seringkali ibu sangat gusar dengan perutnya yang semakin gendut, pinggul lebih besar, payudara membesar, rambut menjadi kusam, dan sebagainya.
Tentu hal ini akan semakin membuat psikis ibu menjadi tidak stabil.
Perubahan psikis umumnya lebih terasa di trimester pertama kehamilan. Kala itu pula, ibu masih harus menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan hormon yang terjadi. Lalu berangsur hilang di trimester kedua dan ketiga karena ibu sudah bisa menyesuaikan dirinya.

q.      waspadai perubahan berlebihan
Perubahan perilaku pada ibu hamil, jika kadarnya masih normal, tidak akan mengganggu proses tumbuh kembang janin. Namun, ada batasan yang mesti diwaspadai, yakni saat perilaku ibu sudah “keterlaluan”. Kriteria keterlaluan memang terkesan rancu, tapi yang pasti waspadai jika ibu terlihat dilanda kecemasan berlebih atau stres sehingga perilakunya bisa “membahayakan” janin. Misalnya, kemalasan ibu sampai membuatnya masa bodoh dengan kehamilannya. Atau kemarahan yang terjadi sudah sering berubah menjadi amukan. kondisi psikis yang terganggu akan berdampak buruk pada aktivitas fisiologis dalam diri ibu. Umpamanya, suasana hati yang kelam dan emosi yang meledak-ledak dapat mempengaruhi detak jantung, tekanan darah, produksi adrenalin, aktivitas kelenjar keringat dan sekresi asam lambung. Di samping itu, dapat pula memunculkan gejala fisik seperti letih, lesu, gelisah, pening, dan mual. Semua dampak ini akhirnya akan merugikan pertumbuhan janin karena si kecil sudah dapat merasakan dan menunjukkan reaksi terhadap stimulasi yang berasal dari luar dirinya. Apalagi masa trimester pertama merupakan masa kritis menyangkut pembentukan organ tubuh janin. Oleh karena itu, walaupun sifat pemalas, pemarah, sensitif, dan manja wajar muncul di masa hamil, Banyak hal yang bisadilakukan. Jika perubahan ini ditanggapi secara positif, baik ibu maupun janin akan lebih sehat kondisinya.
Inilah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan munculnya dampak psikis yang negative.
1)      Menyimak Informasi Seputar kehamilan
Berbagai informasi mengenai kehamilan bisa didapat dari buku, majalah, koran, tabloid, atau situs kehamilan di internet. Dengan mengetahui akar masalah yang terjadi maka ibu bisa lebih tenang menghadapi kehamilan. Ibu pun jadi tahu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sebaliknya, jika tidak berusaha mencari tahu terhadap perubahan pada dirinya, tak mustahil akan timbul berbagai perasaan yang mungkin saja sangat mengganggu kondisi psikis.
2)      Kontrol Teratur
Kontrol bisa dilakukan pada dokter kandungan atau bidan. Saat konsultasi, ibu bisa menanyakan tentang perubahan psikis yang dialami. Biasanya, bila ibu perlu penanganan lebih serius, dokter atau bidan akan menganjurkan ibu untuk menemui psikolog atau psikiater yang dapat membantu kestabilan emosi.
3)      Perhatian Suami
Perhatian yang diberikan oleh suami bisa membangun kestabilan emosi ibu. Misalnya, ibu bisa saja meminta suami untuk menemaninya berkonsultasi ke dokter atau bidan agar merasa lebih nyaman karena ada perhatian dari pasangan.
4)      Jalin komunikasi
Jangan pernah menutupi perubahan psikis yang terjadi, tetapi komunikasikanlah hal itu kepada suami. Dengan begitu diharapkan suami bisa berempati dan mampu memberi dukungan psikologis yang dibutuhkan. Dukungan dari lingkungan, terutama suami, sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi ibu hamil. Sebaliknya, perasaan ibu hamil yang dipendam sendiri tidak akan membawa perubahan. Suami tetap tidak acuh dan masalah ibu jadi berkepanjangan.
5)      Beraktivitas
Sangat dianjurkan agar ibu mencari aktivitas apa pun yang dapat meredakan gejolak perubahan psikis. Bisa dengan menjahit, melukis, bermain musik, atau apa pun. Umumnya, ibu yang aktif di luar rumah bisa mengatasi berbagai perubahan psikisnya tersebut dengan lebih baik.
6)      Perhatikan Kesehatan
Tubuh yang sehat akan lebih kuat menghadapi berbagai perubahan, termasuk perubahan psikis. Kondisi ini bisa terwujud dengan berolahraga ringan dan memperhatikan asupan gizi. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat membahayakan janin, seperti makanan yang mengandung zat-zat aditif, alkohol, rokok, atau obat-obatan yang tidak dianjurkan bagi kehamilan.
7)      Relaksasi
Bila ingin mendapatkan perasaan yang lebih relaks, ibu bisa mengatasinya dengan
mendengarkan musik lembut, belajar memusatkan perhatian sambil mengatur napas, senam yoga, dan bentuk relaksasi lainnya.

Pemeliharaan kesehatan ibu hamil
a.       Periksa hamil secepatnya dan sesring mungkin sesuai anjuran petugas
Agai ibu, suami dan keluarga dapat mengetahui secepatnya jika ada masaloah yang timbul pada kehamilan.
b.      Timbang berat badan setiap kali periksa hami
Berat badan bertambah sesuai dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan.
c.       Minum 1 tanblet darah setiap hari selama hamil.
Tablet darah mencegah ibu hamil kurang darah. Minum tablet tambah darah tidak membahayakan bayi.
d.      Minta imunisasi TT kepada petugas kesehatan
Imunisasi TT untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi baru lahir.
e.       Minta nasihat kepada petugas kesehatan tentang makanan bergisi selama hamil.
f.       Makan makanan bergizi yang cukup membuat ibu dan bai sehat.
g.      Sering mengajak bicara bayi sambil mengelus-ngelus perut setelah kandungan berumur 4 bulan.
h.      Mandi pakai sabun setiap hari, pagi dan sore. Gosok gigi dua kali sehari setelah makan agi dan sebelum tidur.
Mandi teratur mencegah sakit kulit sedangkan gosok gigi secara teratur mencegah sakit gigi dan gusi.
i.        Istirahat tidur sedikitnya 1 jam pada siang hari dan kurangi kerja berat
Istirahat yang cukup akan memulihkan tenaga
j.        Boleh melakukan hubungan suami-istri (koitus)
k.      Jangn merokok, memakai narkoba, minum jamu, atau minuman keras
l.        Hindari asap rokok, obat-obatan lainnya karena akan menyebabkan IUGR dan IUFD
Pemeliharaan kesehatan ibu hamil tetap sehat
Seorang  wanita  yang banyak menyantap makanan bergizi dan merawat tubuhnya dengan baik jauh lebih besar kemungkinannya untuk memiliki masa kehamilan yang sehat pula.
Pola makan yang Baik
Pola makan yang baik artinya menyantap cukup makanan dan menyantap cukup makanan yang sehat dan bergizi. Pola makan yang baik:
·         Membantu wanita tahan terhadap serangan penyakit dan tetap sehat.
·         Membantu menjaga gigi dan tulang wanita tetap kuat
·         Membantu bayi tumbuh baik di rahim ibu
·         Membantu mencegah perdarahan barat setelah melahirkan
·         Membantu ibu memulihkan kesehatannya dengan cepat setelah bersalin
            Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan kelelahan,kelemahan,sulit melawan infeksi yang menyerang tubuh, dan masalah kesehatan serius lainnya. Nutrisi yang buruk selama kehamilan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran atau bayu yang dilahirkan terlalu kecil atau mengalami cacat tubuh tertentu. Pola nutrisi yang buruk juga meningkatkan risiko kematian bayi atau ibu selam atau setelah proses persalinan berlangsung.
Semakin cepat wanita menyantap makanan yang sehat ,semakin baik kesempatan mereka untuk mencapai kesehatan yang prima,melahirkan secara normal dan memiliki bayi yang sehat.
Jika seorang wanita tahu apa makanan yang baik untuk kesehatannya,dia mungkin tidak dapat menyantapnya, banyak keluarga yang tidak sanggup membeli cukup makanan atau beragam jenis makanan yang bergizi. Sementara wanita lain tidak begitu suka dengan rasanya. Untuk membantu wanita bisa menyantap makanan dengan lebih baik,berikan beberapa jenis makanan yang dapat dan mereka pilih untuk dimakan. Wanita yang sedang hamil dan wanita yang sedang menyusui memerlukan santapan makanan yang lebih banyak daripada biasanya,tambahan makanan ini memberi mereka cukup energi dan kekuatan,serta membantu bayi mereka tumbuh dengan baik,
            Beberapa wanita mungkin merasa mual dan tidak berselera untuk menyantap makanan,namun wanita hamil tetap harus makan banyak,bahkan meskipun mereka tidak merasa lapar. Makanan ringan yang terbuat dari bahan-bahan ketan,kentang atau beras dapat lebih mudah untuk disantap wanita-wanita ini.
            Sangat penting bagi wanita hamil untuk menyantap hidangan yang berbeda-beda:makanan utama (yang mengandung karbohidrat),makanan untuk pertumbuhan (yang mengandung protein),makanan untuk pemulihan (yang mengandung vitamin dam mineral) dan makanan untuk melancarkan aktivitas(yang mengandung lemak,mineral dam gula),disertai oleh banyak cairan(air putih dan jenis minuman lainnya).

A.    Makanan utama (yang mengandung karbohidrat)
            Menu utama ini berupa nasi,gandum,jagung,ketela,kentang,singkong,sagu,pisang raja,sukun atau makanan berharga murah lainnya yang mengandung zat tepung. Makanan-makanan ini memberikan kepada tubuh energi. Namun agar bisa tumbuh dan tetap sehat, tubuh memerlukan jenis makanan lainnya
Makanan untuk pertumbuhan (yang mengandung protein)
Makanan untuk pertumbuhan yang mengandung protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan otot,tulang dan kandungan darah yang sehat,setiap orang membutuhkan protein agar bias sehat dan bertumbuh. beberapa contoh makanan yang tinggi kandungan proteinnya adalah:
  • Buncis (kacang panjang dan miju-miju)
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Daging,ikan dan serangga
  • Telur
  • Keju,susu dan yogurt.

Makanan untuk pemulihan (yang mengandung vitamin dan mineral)
Makanan untuk pemulihan mengandung vitamin dan mineral,yang membantu tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga agar mata,kulit dan tulang tetap sehat dan kuat.
            Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung vitamin dan mineral yang tinggi untuk menyantap sebanyak mungkin jenis buah-buahan dan sayuran ini.
Makanan untuk melancarkan aktivitas(yang mengandung gula dan lemak)
            Makanan untuk melancarkan aktivitas yang mengandung gula dan lemak,yang memberikan tubuh energi. Semua orang membutuhkan makanan jenis ini untuk tetap sehat. makanan pelancar aktivitas yang tinggi kadar gulanya yaitu buah-buahan,madu,sirup. Makanan pelancar aktivitas yang banyak mengandung lemak yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian,alpukat,minyak sayur,mentega,lemak babi dan lemak ikan serta daging yang berlemak.
Menyantap lima jenis vitamin dan mineral penting setiap hari
            Wanita hamil dan menyusui memerlukan lebih banyak 5 vitamin dan mineral seperti zat besi,asam folat,kalsium. yodium dan vitamin A. wanita hamil mestinya harus mengkonsumsi vitamin dan mineral ini setiap hari. karena janinnya memerlukan untuk tumbuh dan menjadi sehat.
ZAT BESI
            Zat besi membuat darah sehat dan mencegah anemia,seorang wanita hamil membutuhkan banyak zat besi untuk memiliki cukup energi,mencegah perdarahan banyak saat melahirkan,dan memastikan kalau bati yang tumbuh dapat membentuk darah yang sehat dan menyimpan zat besi untuk beberapa bulan pertama setelah lahir. maka
Makan makanan yang mengandung zat besi
  • Daging (khususnya Ampeti-ati),ginjal dan daging organ dalam lainnya)
  • Daging Ayam (semua jenis burung dan unggas)
  • Ikan,kerang dan gurita
  • Semua jenis telur
  • Buncis,kacang polong dan miju-miju
  • Bunga matahari,labu dan ketela.
  • Sayur-sayuran berdaun hijau gelap
  • Sukun-sukunan
  • Ubi rambat
ASAM FOLAT             
            Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia pada ibu dan cacat pada bayi yang dilahirkan. untuk mencegah masalah-masalah ini,sangat penting bagi wanita untuk mendapatkan cukup asam folat sebelum dia hamil di bulan-bulan pertama kehamilan.
Makanan yang mengandung asan folat di antaranya :
  • Sayuran berdaun hijau gelap
  • Daging Ayam (semua jenis burung dan unggas)
  • Kacang polong dan buncis
  • Bunga matahari,labu dan ketela.
  • Seluruh jenis padi-padian
  • Ikan
  • Telur
  • Jamur-jamuran
MINUMLAH ASAM FOLAT 0,5 SAMPAI 0,8 mg (500 SAMPAI 800).
kalsium
janin yang tumbuh memerlukan banyak kalsium untuk membuat tulang-tulang baru,khususnya di bulan-bulan terakhir kehamilan. Wanita memerlukan kalsium untuk kekuatan tulang dan giginya.
Makanan yang banyak mengandung kalsium di antaranya :
  • Susu,yoghurt,keju,daging.
  • Kacang tanah
  • Kacang kenari
  • Sayuran berdaun hijau
  • Sayuran berdaun kuning (ketela,ubi rambat)
  • Kerang-kerangan
  • Limau
  • Tulangan dan kacang telur
IODIUM
Yodium mencegah gondongan (pembengkakan leher) dan masalah lain pada orang dewasa. kurangnya yodium pada wanita hamil dapat menyebabkan janinnya menderita kreatinisme,sebuah ketidakmampuan yang mempengaruhi pemikiran .cara yang paling mudah mendapatkan cukup yodium adalah menggunakan garam beryodium sebagai ganti garam biasa. selain itu kerang-kerangan,ikan,rumput laut,telur,ati ampela.
VITAMIN A
Vitamin A mencegah rabun ayam,kebutaan dan membantu tubuh melawan infeksi. Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kebutaan pada anak. seorang wanita memerlukan banyak vitamin A selama kehamilan dan menyusui.sayur-sayuran yang berwarna kuning gelap dan berdaun hijau serta buah-buahan berwarna kuning banyak mengandung vitamin A.

2.6 LATIHAN- LATIHAN
Latihan-latihan membuat tubuh wanita lebih kuat. Selama kehamilan,latihan-latihan  membantu tubuhnya siap untuk bukaan persalinan dan melahirkan. latihan juga dapat membantu wanita mendapat kekuatan dan merasa bahagia. wanita dapat memperoleh latihan dengan cara menimba air,bekerja di sawah,menggiling tepung,bermain bersama anak-anak,dan naik turun bukit.
LATIHAN MENGEDAN (KEGELS )
Latihan mengedan memperkuat otot-otot panggul dan vagina. melakukan latihan mengedan  dapat membantu mencegah bocornya urine,mencegah perdarahan vagina pada saat melahirkan,mempercepat penyembuhan setelah melahirkan,meningkatkan kesenangan seksual.
            Seorang wanita dapat mempelajari latihan ini saat dia kencing. ketika keluar urine,dia bisa menahan otot-otot vaginanya sampai urine habis mengalir. sekali saja mampu menekan otot-otot ini,bahkan latihan ini bisa dilakukan ketika tidak sedang kencing. latihan ngeden banyak membantu di segala waktu,bukan hanya selama kehamilan. kalau bisa,wanita mempraktekkannya minimal 4 kali sehari,kira-kira 10 kali ngeden setiap melakukannya.
TIDUR,ISTIRAHAT DAN BERSANTAI
            Tidur dan istirahat membantu wanita tetap kuat dan sanggup menolak penyakit. mendapat istirahat cukup juga membantu mencegah tekanan darah meninggi,janin dalam kandungan sakit,dan masalah-masalah kesehatan lainnya.
MENIKMATI MASA KEHAMILAN
Jika wanita sudah memiliki cukup makan,istirahat dan perawatan,masa kehamilan bisa menjadi saat-saat yang indah. Banyak komunitas memiliki ritual dan praktek yang menghormati seorang wanita yang sedang hamil. Semua orang membantu pekerjaannya,membawakannya beragam makanan istimewa,atau memijat dan memberinya hadiah.

Hal-hal yang harus dihindari selama hamil
            Penyakit, obat-obatan dan bahan kimia beracun tidak sehat bagi siapa pun. Khusunya mereka berbahaya pada masa kehamilan . Hal-hal berkut ini adalah yang paling berbahaya selama 3 bulan pertama kehamilan , namun bisa juga berbahaya di setiap waktu
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan
            Ketika wanita meminum obat, maka obat itu akan mengalir melalui darahnya. Meminum sembarangan obat merupakan tindakan yang gegabah bagi anak perempuan yang sedang bertumbuh apalagi janin yang ada dirahim wanita yang sedang mengandung.
            Sirup batuk, pereda nyeri, obat-obatan modern dan jamu-jamuan, bila diminum sembarangan , akan menjadi sangat berbahaya. Beberapa darinya bahkan dapat menyebabkan cacat bawaan atau ketidakmampuan bayi seperti rendahnya tingkat kecerdasan atau anomaly otak lainnya. Kalau bisa, wanita hamil tidak meminum obat sembarangan. Jika ibu hamil sakit dan membutuhkan obat, carilah pengobatan yang aman baginya. Namun begitu, obat-obatan yang aman hanya boleh diminum jika benar-benar dibutuhakn. Istirahat, minum dan makan yan begizi sudah sering terbukti sanggup menyembuhkan penyakit dan masalah keshatan lainnya. 
  • Hindari merokok, minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang
            Mengkisap rokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan memakai obat-obatan terlarang sangat berbahaya bagi ibu. Ketika seorang wanita hamilmerokok, menegak minuman keras atau memakai narkoba, acun-racun ini akan menyebar keseluruh peredaran darah ditubuhnya dan ikut masuk juga kedalam bayinya.
            Meroko sangat berbahaya bagi siapapun. Ibu bisa mengrah kepada masalah-masalah serius seperti kanker. Ketika wanita hamil merokok, atau menghirup asap rokok dari perokok disekitarnya, pembuluh darahnya jadi tersumbat dan tidak bisa membawa banyak udara atau makanan kepada bayinya. Karena inilah, bayi para wanita perokok umumnya kecil atau sakit-sakitan.
            Mengkonsumsi banyak akohol juga berbahaya bagi siapapun yang meminumnya. Kadar alcohol yang besar dapat mengarah kepada banyak penyakit seperti  gangguan serius seperti hati.  Ketika seorang wanita hamil menegak minuman keras hanya 1 atau 2 gelas sehari, bayinya dapat lahir cacat atau mengalmai gangguan pada otaknya.
            Beberapa jenis narkoba khususnya opium, heroin, kokain dan sabu-sabu sangat kuat sifat adiktifnya dan sangat berbahaya bagi organ dalam tubuh. Ketika wanita hamil mengkonsumsi obat-obatan seperti ini, bayinya dapat lahir dengan ketergantungan pada obat atau masalah kesehatan serius lainnya.
  • Hindari zat-zat kimia dan bau-bauan berbahaya
            Zat-zat kimia keras yang digunakan untuk membersihkan, dan racun yang digunakan untuk membunuh pestisida disawah atau rumah, berbahaya bagi setiap orang. Khususnya berbahaya bagi wanita hamil. Zat-zat kimia ini dapat menyebabkan keguguran, kemandulan, cacat bawaan, kanker dan penyakit lainnya.
Zat-zat kimia yang beracun mencakup:
o   Pestisida (zat-zat kimia yan membunuh serangga atau jamur)
o   Pestisida yang digunakan dirumah untuk membunuh serangga atau tikus
o   Pembersih dan pembasmi kuat
o   Beberapa jenis lem dan cat
o   Gas, minyak dan bahan bakar lainnya
Zat kimia dengan bau kuat juga tidak aman bagi wanita. Namun banyak zat kimia paling berbahaya justru tidak memliki bau sama sekali. Kalau bisa, setiap orang menghindari zat-zat kimia berbahaya ini. Wanita hamil tidak boleh berhubungan dengan zat-zat tersebut, menggunakan sendiri zat-zat tersebut, atau menghirup bau atau debu zat kimia tersebut.
Makanan untuk pertumbuhan (yang mengandung protein)
Makanan untuk pertumbuhan yang mengandung protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan otot,tulang dan kandungan darah yang sehat,setiap orang membutuhkan protein agar bias sehat dan bertumbuh. beberapa contoh makanan yang tinggi kandungan proteinnya adalah:
  • Buncis (kacang panjang dan miju-miju)
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Daging,ikan dan serangga
  • Telor
  • Keju,susu dan yogurt.
Makanan untuk pemulihan (yang mengandung vitamin dan mineral)
Makanan untuk pemulihan mengandung vitamin dan mineral,yang membantu tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga agar mata,kulit dan tulang tetap sehat dan kuat.
            Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung vitamin dan mineral yang tinggi untuk menyantap sebanyak mungkin jenis buah-buahan dan sayuran ini.
Makanan untuk melancarkan aktivitas(yang mengandung gula dan lemak)
            Makanan untuk melancarkan aktivitas yang mengandung gula dan lemak,yang memberikan tubuh energy.isemua orang membutuhkan makanan jenis ini untuk tetap sehat. makanan pelancar aktivitas yang tinggi kadar gulanya yaitu buah-buahan,madu,sirup.makanan pelancar aktivitas yang banyak mengandung lemak yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian,alpukat,minyak sayur,mentega,lemak babi dan lemak ikan serta daging yang berlemak.
Menyantap lima jenis vitamin dan mineral penting setiap hari
            Wanita hamil dan menyusui memerlukan lebih banyak 5 vitamin dan mineral seperti zat besi,asam folat,kalsium. yodium dan vitamin A. wanita hamil mestinya harus mengkonsumsi vitamin dan mineral ini setiap hari. karena janinnya memerlukan untuk tumbuh dan menjadi sehat.
ZAT BESI
            Zat besi membuat darah sehat dan mencegah anemia,seorang wanita hamil membutuhkan banyak zat besi untuk memiliki cukup energi,mencegah perdarahan banyak saat melahirkan,dan memastikan kalau bati yang tumbuh dapat membentuk darah yang sehat dan menyimpan zat besi untuk beberapa bulan pertama setelah lahir. maka
Makan makanan yang mengandung zat besi
  • Daging (khususnya Ampeti-ati),ginjal dan daging organ dalam lainnya)
  • Daging Ayam (semua jenis burung dan unggas)
  • Ikan,kerang dan gurita
  • Semua jenis telur
  • Buncis,kacang polong dan miju-miju
  • Bunga matahari,labu dan ketela.
  • Sayur-sayuran berdaun hijau gelap
  • Sukun-sukunan
  • Ubi rambat
ASAM FOLAT
            Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia pada ibu dan cacat pada bayi yang dilahirkan. untuk mencegah masalah-masalah ini,sangat penting bagi wanita untuk mendapatkan cukup asam folat sebelum dia hamil di bulan-bulan pertama kehamilan.
Makanan yang mengandung asan folat diantaranya:
  • Sayuran berdaun hijau gelap
  • Daging Ayam (semua jenis burung dan unggas)
  • Kacang polong dan buncis
  • Bunga matahari,labu dan ketela.
  • Seluruh jenis padi=padian
  • Ikan
  • Telur
  • Jamur-jamuran
MINUMLAH ASAM FOLAT 0,5 SAMPAI 0,8 mg (500 SAMPAI 800).
Kalsium
janin yang tumbuh memerlukan banyak kalsium untuk membuat tulang-tulang baru,khususnya di bulan-bulan terakhi kehamilan.wanita memerlukan kalsium untuk kekuatan tulang dan giginya.
Makanan yang banyak mengandung kalsium diantaranya:
  • Susu,yoghurt,keju,daging.
  • Kacang tanah
  • Kacang kenari
  • Sayuran berdaun hijau
  • Sayuran berdaun kuning (ketela,ubi rambat)
  • Kerang-kerangan
  • Limau
  • Tulangan dan kacang telur
IODIUM
Yodium mencegah gondongan (pembengkakan leher) dan masalah lain pada orang dewasa. kurangnya yodium pada wanita hamil dapat menyebabkan janinnya menderita kreatinisme,sebuah ketidakmampuan yang mempengaruhi pemikiran .cara yang paling mudah mendapatkan cukup yodium adalah menggunakan garam beryodium sebagai ganti garam biasa. selain itu kerang-kerangan,ikan,rumput laut,telur,ati ampela.
VITAMIN A
Vitamin A mencegah rabun ayam,kebutaan dan membantu tubuh melawan infeksi.kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kebutaan pada anak. seorang wanita memerlukan banyak vitamin A selama kehamilan dan menyusui.sayur-sayuran yang berwarna kuning gelap dan berdaun hijau serta buah-buahan berwarna kuning banyak mengandung vitamin A.

2.7 MERAWAT TUBUH UNTUK MENDAPATKAN KESEHATAN YANG BAIK
            Agar wanita tetap shat selama hamil atau kapanpun adalah bijak baginya untuk menjaga kebersihan,memperoleh latihan dan mendapatkan banyak waktu untuk istirahat.
Menjaga Kebersihan
            Menjaga tubuh tetap bersih membantu kita mencegah infeksi.jika bisa,ibu secara teratur mencuci tubuhnya,khususnya alat kelaminnya dengan air bersih.
Merawat gigi dan mulut
            Gigi yang sehat membantu seluruh tubuh tetap sehat dan perawatan gigisangat penting pada masa kehamilan karena gigi yang tidak sehat dapat mengarah kepada infeksi gusi.hal ini menyebabkan bayi lahir terlalu dini.Cara melindungi gigi agar tetap baik diantaranya:
·         Menyantap makanan yang kaya kandungan kalsium
·         Menghindari gula,manisan atau soda op.
·         Membersihkan gigi setiap habis makan dengan sikat yang lembut,tusuk gigi atau kain kasar. pasta gigi,garam atau air putih diatas sikat bisa membantu namun tidak terlalu dibutuhkan

1 comments

Cara Agar Cepat Hamil 7 March 2013 22:20

mkasi banyak ya infonya,sungguh bermanfaat :)

Post a Comment

ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR