Powered by Blogger.

Sponsor Kami

There was an error in this gadget

Featured Video

Berbagi Indah Pada Waktunya Dengan Dunia ILMU

Total de visualizações

Followers

Friday, 13 July 2012

Penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan Imunisasi

ALT/TEXT GAMBAR
 
    Difteri
    Leher yang membengkak, terbentuk selaput di tenggorok dan hidung sehingga menyumbat jalan napas dan leher harus dilubangi, bila tidak akn meninggal. Racun dari kuman akan menyerang jantungsehingga tak berfungsi dan juga menyerang syaraf sehingga terjadi kelumpuhan otot pernapasan akhirnya napas berhenti. Oleh karena itu, diperlukan perawatan di Rumah Sakit selama 30 hari.
    Pertusis (Batuk rejan/batuk 100 hari)
    Demam dan batuk seminggu, kemudian terjadi kejang dan batuknya makin sering batuk 10-30 kali diikuti tarik napas yang dalam sehingga menimbulkan buni ”huup” kemudian muntah. Akibat lanjut dari penyakit ini adalah radang paru (batuk, banyak dahak, sesak napas, cuping hidung bergerak sewaktu napas) dan berakhir hingga kematian.
    Batuk terus-menerus mengakibatkan mata merah, perdarahan di bawah kulit. Kerusakan otak akibat penyakit ini menyebabkan terjadinya kejang, pingsan dan kematian. Pada sebagian besar bayi, anak muntah dan nafsu makan berkurang akibatnya menyebabkan kurang gizi.
    Tetanus Neonatorum
    Penyakit ini disebabkan karena pemotongan tali pusat yang tidak bersih (steril) atau karena tali pusat ditaburi ramuan-ramuan abu, pasir dan sebagainya. Bayi mendadak tidak bisa mengisap ASI karena mulut dan bibirnya kejang (seperti mulut ikan).
    Campak
    Panas, batuk, pilek, mata belekan, beberapa hari kemudain muncul bercak-bercak merah di kulit, biasanya mulai di dahi kemudian menyebar ke muka, badan, tangan dan kaki. Penyakit ini sangat menular dan menyerang pada hamper semua bayi. Akibat lanjut dari penyakit ini adalah radang telinga mungkin sampai tuli, radang mata yang mungkin sampai buta, diare, radang paru-paru. Akibat serangan dari penyakit campak akan berlanjut 3 bulan dan kurang gizi.
    Polio
    Anak rewel, batuk-batuk. Kelumpuhan bias mneyebabkan kaki, tangan, otot pernapasan dan otot penelan. Polio sangat menular melalui tinja atau dapat juga melalui percikan air ludah sewaktu batuk atau bicara. Penularan ini akan lebih cepat dan luas apabila pada daerah perumahan yang rapat dan kesehatan lingkungannya kotor.
    TBC
Sangat menular dan dapat menyerang semua umur. Radang paru-paru (batuk lebih dari 2 minggu, dahak campur darah). Akibat penyakit TBC berupa cacat pad tulang belakang, radang selaput otak mengakibatkan kematian. Seandainya pun tidak mati, maka dapat menyebabkan kecacatan.

0 comments

Post a Comment

ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR