Powered by Blogger.

Sponsor Kami

There was an error in this gadget

Featured Video

Berbagi Indah Pada Waktunya Dengan Dunia ILMU

Total de visualizações

Followers

Friday, 13 July 2012

Perkembangan otak bayi

ALT/TEXT GAMBAR

Pada mulanya permukaan otak masih licin, kemudian terbentuk lekukan-lekukan otak pada minggu ke-25. Di dalam otak yang sedang tumbuh, sel-sel otak akan bertambah banyak. Penambahan sel saraf telah selesai pada saat kelahiran, dan tidak bertamabah lagi. Setelah lahir hanya terjadi pematangan fungsi sel saraf sampai usia 4-5 tahun.
    Pertumbuhan otak bayi, 45 % terjadi pada usia 1 tahun. Hal inilah yang menyebabkan mengapa janin dalam rahim dan bayi mutlak harus mendapat makanan yang cukup. Kekurangan gizi pada saat janin dan bayi akan menyebabkan hambatan pertumbuhan otak, yakni otak menjadi kecil dan kecerdasannya pun berkurang.
Otak besar terdiri dari 2 belahan, kiri dan kanan. Belahan otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik (berfikir logis dan penalaran), yang terdiri dari berbicara, kemampuan tata bahasa, baca tulis-hitung daya ingat nama-waktu-peristiwa-logika-angka-analisis dll. Sementara belahan otak kanan berkaitan dengan sifat intuitif (firasat), perasaan, gaya bahasa, irama, musik imajinasi, lamunan, warna dimensi, pengenalan diri dan orang lain, sosialisasi, pengembangan kepribadian dsb.
•    Kiat menstimulasi anak
    Banyak cara menstimulasi (merangsang) aktivitas kedua belah otak. Hal yang perlu diperhatikan dalam upaya memacu perkembangan otak:
    Jenis, intensitas dan cara stimulasi harus disesuaikan dengan usia dan taraf perkembangan otak
    Stimulasi tidak boleh dipaksakan sehingga anak merasa tertekan (stres)
    Jangan terlalu banyak melarang aktifitas anak
    Orang tua harus lebih banyak memberi contoh dari pada memberi nasihat tanpa contoh
    Ciptakan kondisi belajar yang baik . berbagai kemudahan, khususnya keberadaan TV yang semakin banyak, perlu dimanfaatkan secara bujaksana.
    Upayakan memberi waktu yang cukup untuk anak
    Jangan merenggut masa kana-kanak dengan menilai kelebihan kemampuan anak, sehingga terjadi pemaksaan kepada anak di luar kemampuannya.

0 comments

Post a Comment

ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR