Powered by Blogger.

Sponsor Kami

There was an error in this gadget

Featured Video

Berbagi Indah Pada Waktunya Dengan Dunia ILMU

Total de visualizações

Followers

Tuesday, 10 July 2012

Masalah dalam laktasi

ALT/TEXT GAMBAR
 *      Payudara Bengkak
            Payudara terasa lebih penuh/tegang dari nyeri sekitar hari ke-3 atau ke-4 sesudah melahirkan akibat statis di vena dan pembuluh limfe, tanda bahwa ASI mulai banyak disekresi.Sering terjadi pada payudara yang elastisitasnya kurang. Bila tidak dikeluarkan, ASI menumpuk dalam payudara sehingga areola menjadi lebih menonjol, puting lebih datar dan sukar dihisap bayi. Kulit payudara tampak lebih merah mengkilat. Ibu demam dan payudara terasa nyeri sekali.
            Untuk pencegahan, susukan bayi segera setelah lahir bila memungkinkan tanpa dijadwal. keluarkan ASI dangan tangan atau pompa bila produksi melebihi kebutuhan bayi. Lakukan perawatan payudara pasca persalinan secara teratur keluarkan sedikit ASI sebelum menyusui agar payudara lebih lembek sehingga puting lebih mudah ditangkap/dihisap bayi. Untuk mengurangi rasa sakit pada payudara, berikan kompres dingin. Agar bayi mudah dalam menghisap atau menanglap puting susu, sebelum menyusui berikan kompres hangat kira-kira 5 menit kemudian lakukan masase dari tepi kearah puting hingga ASI keluar. Setelah itu, baru susukan bayi. jangan berhenti menyusui dalam keadaan ini. Untuk mengurangi peningkatan peradaran darah dan terjadinya statis di vena dan pembuluh limfe dalam payudara. Lakukan pengurutan (masase ) payudara, dimulai dari pyting ke arah korpus mammae.

*      Kelainan Puting Susu
v  Puting Susu datar. Bila areola dijepit anytar jari telunjuk dan ibu jari dibelakang puting susu, puting normal akan meninjol keluar. Bila tidak, berati puting datar. Saat laktasi puting menjadi lebih tegang/menonjol karena rangsang bayi menyebabkan otot polos puting berrkontraksi. Namun, puting masih sulit ditangkap/diisap oleh mulut bayi.
v  Puting susu terpendam dan puting susu tertarik kedalam. Dapat terjadi pada tumor dan penyempitan saluran air susu. Kelainan ini seharusnya diketahui sejak hamil/sebelumnya sehingga dapat diperbaki dengan gerakan mengurut koffman, yaitu dengan meletakan kedua jari telunjuk/ibu jari di areola mammae kemudian diurut(masase) kearah berlawanan. Perawatan payudara pranatal dilakukan secara teratur.
v Puting Susu Nyeri dan Lecet
Penyebabnya adalah :
·         puting tidak masuk ke mulut bayi sampai areola.
·         Iritasi akibat membersihkan puting dengan sabun, lotion, krim, alkohol, dll.
·         Bayi dengan tali lidah pendek sehingga sulit menghisap sampai areola, hanya sampai puting.
·         Menghentikan menyusui ( mengisap ) kurang hati-hati.
v  Saluran Air Susu Tersumbat
            Terjadi sumbatan pada satu atau lebih saluran air susu yang dapat disebabkan tekanan jari wakyu menyusui, pemakaian BH terlalu ketat, maupun komplikasi payudara bengkak yang berlanjut sehingga ASI dalam saluran air susu tidak segar dikeluarkan dan menjadi sumbatan.

0 comments

Post a Comment

ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR